Saturday, November 17, 2012

Gunung Sumbing (3371 mdpl) >>Part Two<< : Pocong KTP Versi Sumbing

14-15 November 2012 kami bersepuluh (aq, teguh, angga, firgi, adi, az, thyta, rochmad, isa dan dyan) berencana untuk mendaki Gn.Sumbing (3371dpl). Yah, Istilahnya Suronan di Sumbing lah. Setelah kowar-kowar mengumpulkan personil ternyata yang terkumpul 10 orang. Hohoho.
Gunung Sumbing 3371 mdpl

Peta jalur pendakian Gunung Semeru 3371 mdpl
Awalnya 6 orang berangkat bareng dari Jogja. Ketemu deh sama yangg lain di Temanggung di Rumah Az Garcel . Hujan lebat menyambut kita di jalan dr Jl.Magelang sampe Temanggung, berangkat jam setengah 4 sore. Nyampe sono jam berapa yak? setengah 7 sepertinya :D Sampe disana eee yangg laen blom pada siap. Akhirnya berangkat habis isya ke Garung (Wonosobo). Ternyata e ternyata, qt nggak lewat basecamp. Kirain mo lewat Basecamp garung. Heeee. Jadi pendaki illegal ni. Hmmm. Tak apalah. Hehe. Jam setengah 9 qt nyampe di rumah simbahnya Az Garcel. Nah, disini dateng2 qt uda disuguhin teh anget sama cemilan. Lumayanlah buat menghangatkan badan. Sebagian ada yang ngobrol, sebagian bongkar ulang packing. Jam 9 malem qt berangkat. Sebelumnya berdoa dulu tentunya. Hoho.
Disini perjalanan dimulai. Gerimis menyelimuti perjalanan kami. Karena banyaknya rombongan. Mungkin kami lupa akan larangan naik Gn.Sumbing. Dari kami scara tidak sadar ada yg bercanda terlalu ngawur. Ada yang membahas bidadari jatuh, arjuna lupa diri, dll. Berangkat tidak melewati basecamp melainkan lewat rumah penduduk. Tapi dari sini, untuk menghabiskan ladang tidak dibutuhkan waktu yang lama. kemudian masuk di hutan. Di hutan, ada banyak pohon-pohon besar tidak seperti jika lewat Garung. Beberapa anak sudah merasakan ada beberapa kejanggalan saat melewati rute ini.
Pos II Sumbing. Masak-masak ^_^
Di jalan kami masih banyak bercanda. Sampai akhirnya tiba di Pos II. Disini kami masak karena sebagian dari kami sudah lapar. Masak mie :D yah cuma buat ganjal-ganjal perut gitu. Kesalahan kami, tidak ada satu pun yng permisi saat memasuki pos II dan ada yang pipis disitu juga. Firgi Awan Tistianto dan Adie Restoe Bomie berniat untuk shalat isya. Disini yang lain ada yang bercanda keterlaluan saat keduanya ingin shalat. Sementara mereka berdua shalat, sebagian masak. Bagian masak disini ada IkanTengierie Berbuluanjinkkintamani (Teguh/cwokQ) dan Rochmad Beye-Beye . Setelah msak, kami semua makan bareng2, yah yang lagi mesra ada 1 pasang. Adie dan cwenya Thytha Maehendra Charizmaticflameminho, hahaha. Perjalanan dilanjutkan kembali saat mie habiz. :D Katanya sih (pas dibawah) Firgi sempet mikir mo camp di Pos II. Tp krn aq (Zhi CiinounaDudulz Ghadyeztmandjha) minta n uda tekad camp minimal di Pesta (Pasar Setan) jadilah smuanya melanjutkan prjalanan.

Dari sini baru dimulai perjalanan kami yg sebenernya. Belum lama setelah jalan, Firgi drop dan memaksa kami semua camp di bawah Krendengan. Tak apalah demi teman. Mgkin dia kcapekan krn sminggu naik trun gnung blm istrahat. Malam itu Firgi mengigau tak jelas. Dimana dia pun dia tak ingat. Candaan Arjuna Lupa Diri yg smula hanya sbuah canda tawa, skrg jadi real. Lama kelamaan kami larut dalam malam. Satu per satu dari kami pun trtidur pulas.
Paginya, tak ada yg bangun pagi. jdi ksimpulannya kami tak mlihat sunrice. Tak apalah. yg pnting Ntar nyampe puncak, pikirku. Utk pagi, bagian masak adl thyta, adie dan az. Yg laen tinggal makan.Hehe. Skitar Jam 9 pagi prjalanan dlanjutkan. tp Firgi dan Az tetap di tenda. Blum nympe Pestan, eeee aq dapet tamu bulanan. Alamak apalagi ni. Alhasil, slayerQ jdi korban. Itung2 bsa nympe nnti pas trun nympe rmah pnduduk pikirku. Tekad mengalahkan keadaan. Harus sampai puncak karena pendakian pertamaku kesini hanya sampai krendengan. Ngeneees :D
Setelah dri pestan, kmi ber-8 akhirnya terbagi menjadi 3 klompok.
Vidyan Purnama Putra dan Rochmad plg awal, adi n thyta di blakangnya dan pling belakang aq, teguh,  Angga Yudha dan Isha 'Cukha' Maria Ozawa. Ternyata kami smua jdi banci kamera yah di Gunung. Nyampe Pasar Watu jg kmi brempat sbgi yg pling blakangan muncak, kmi foto2. Bgitu pula di spanjang prjalanan. Mulai dr Pasar Watu, kakiQ kumat sakitnya. Yah, krn uda niat nyampe puncak, jlan lama pun tetap aq lanjutkan. Di Watu Kotak ktm lg sama pasangan baru. Trz jlan bareng, tp dtinggal lg. haha.
Lama-lama tinggal aq ma cwoQ deh dblakang. Kami brdua stlah mlewati Tanah Putih kmudian ambil kanan mnuju Puncak Kawah, smentara anak2 di Puncak Buntu. Sampe puncak jam 2 trnyata sodara-sodara. fiuh (lama nian). Gara2 kaki sakit. Huhuhu. Stelah puas brfoto-foto dan hari sudah menjelang sore, kami pun turun.

Kawah Sumbing dari Puncak
Sampe di tempat camp hampir magrib. Kami mencari air minum. Ternyata air tinggal setengah botol. Kemana ilangnya tu air. Padahal 15 botol air mnum 1,5L jumlahnya. Bru dpake buat masak dikit nggak ada bekasnya. Pdahal gak ada yg msuk tenda. Dan yg ilang itu air yg aq bawa >,< 2 botol. Ntah ngilang kemana. Cxcxcx
Kami turun pas magrib. Sebenernya sih Rochmad uda ngingetin jalannya abis magrib aja, tp qt smua gak ngeh. :D Perjalanan trun dlanjutkan, blum nyampe in Memoriam. Aq jatuh. dan jatuhnya pun tempatnya sama dg pas firgi drop. Parahnya lagi, gara2 jatuh aq jd nggak bsa jlan. Awalnya aq ma cwoQ dblakang sndiri, kmudian cwoQ manggil si Isa buat bantuin bawain daypackQ. Isa jg manggil Dian buat bawain Cariernya Teguh. Alhasil klompok kami pecah jdi 2. Kami brempat kmudian istrahat sjenak di bawah pohon in memoriam. Merinding jg sbenernya, tp mau dtrunin dmn lg. Aq gak bisa jalan, cuma digendong. Kami brempat memanggil tman kmin yg lain, tetapi hanya skali mereka menyaut. Mgkn tak trdengar krn kliatannya mreka sdh jauh. Dan ternyata mereka yg di pos II nunggu kami jg triak2 tapi rombongan kami tak mendengarnya. Pdhl jka di logika, hrusnya jarak segitu di hutan kedengaran klo pun teriak teriak.
akhirnya stelah beberapa saat, kami brempat lanjut lg jalan ke pos II. Pas mo turun di Pos II aq liat ada tenda merah nyala gt, trz cm ada lampu 2. Orang camp pikirq. Disitu kami tdk mlihat ada tman2 kami. Setelah aq diturunkan dan duduk. Ternyata smua teman kami sdah ada di sebelahq, dan tenda yg td aq liat mnghilang. Nah, apa apaan ini. Smuanya sibuk mengurusiku, tapi Angga (adxq) malah melamun dan disitu dia melihat Pocong setengah badan. kayak foto KTP gt. Sesaat dia lgsg melompat dan ketakutann, brsamaan dg itu ada sesuatu yg spertinya dilemparkan ke arah kami semua. Tp tak ada batu atau apapun itu. Hanya ada byangannya aja. Seketika suasana jdi hening. Kami smua kembali berdoa dan melanjutkan perjalanan.
Secara bergantian aq digendong oleh Teguh (cwoq), rahmad dan Az. Perjlanan ini serasa lama sekali. Untung sungai yg kami lewati tidak basah dan licin. Memasuki hutan menuju ladang, kejanggalan kembali terjadi. Sungai nggak ada airnya (dan uda jauh dr sungai) tp ada suara gemericik air kluar dr sbuah pohon. Tp hanya suara, airnya tak ada. Kmudian ada sbuah cahaya, kami mengira ada seseorang yg akan naik. Leader kami (Adi) mminta kita untuk minggir agar "dia" bsa lewat. Tp tak ada seorangpun yg lewat sampai kita sampai di rumah penduduk. Leader jg melihat sperti ada seseorang yg brdiri di sbelah pohon, stelah dilihat lebih dekat tak ada apa2. Dan ada jg pohon yg spertinya bergerak2. Mistis memang. Huhu.
Setelah beberapa lama dan beberapa kali istirahat, sampailah di ladang. Mulai dr ladang aq sdh mulai jalan, tp dgn stu kaki dan dipapah. Kmudian stelah jlan mulai bsa dilewati mtor. Leader kami trun dluan utk mngambil motor dan mboncengin aq.
Sesampainya dirumah penduduk kami memperbincangkan hal yg baru kami alami sampai pagi. sampai drumah penduduk aq dipijat dan istirahat. Firgi memastikan pd Angga utk tdk kapok, soalnya hal sperti itu adlh hal yg wajar.
Yg penting qt menjaga stiap pikiran, perkataan dan perbuatan qt saat mendaki gunung. Dri hal ini kami belajar sbuah kebersamaan dan persahabatan. Saat itu pulalah sangat terasa rasa kekeluargaan yang menyelimuti perjalanan kami.
yg berdiri (Isha, Az, Rochmad, Adie, Teguh, Angga) dari kiri ke kanan, depannya ada aq (Zhi), yg jongkok Vidyan dan Thyta. depan sendiri yg duduk Firgi
 Foto kami saat uda di perkampungan ^^,
Akhirnya siang harinya kami bangun, sarapan dan akhirnya foto2. Hahaha. Terlepas dri kejadian malamnya, kmi slalu brcanda. Kami mampir ke Alun-Alun Temanggung dan beli Dawet Campur. Hehe. Kmudian lanjut lg perjalanan, tak lama hujan pun menyambut kedatangan kami. dan kami mampir lg ke rumah Az, makan, dan pulang k rumah masing2. ^^,

Untuk info contact, PM saja di FB (Zhi CiinounaDudulz Ghadyeztmandjha) atau Twitter (@fanta_fairy) q, termasuk nomor kontak beberapa pemandu jika ingin menggunakan jasa guide yang bisa mengantar mencapai puncak Gunung Sumbing.

Selamat Mendaki. Salam lestari.

1. aseg aseg. Happy ending. :D

merbabune kpn meh di unggah? :D

1. haha.,kudune happy ending too ^_^

merbabu diunggah ntar malem maz bro :D

2. siap mbk bro, tak tnggu kisah selanjutnya. Hahaha

Jangan lupa kasih koment ya kawan :D